CONTOH TEKNIK PENILAIAN GURU
1.
UNJUK
KINERJA
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS : 2 (DUA) SD/MI
STANDAR
KOMPETENSI
2. Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya
serta perubahan wujud yang dapat dialaminya
MATERI PEMBELAJARAN
-
Sifat benda padat
-
Sifat benda cair
CONTOH PENILAIAN UNJUK KERJA
- Siapkan sebuah kunci, gelas dan mangkuk. Amati bentuk kunci. Masukan kunci ke dalam gelas. Bentuk kunci …..
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor maksimum
|
Skor Perolehan Peserta Didik
|
1
|
Kerja sesuai petunjuk
|
2
|
|
2
|
Ketepatan menjawab pertanyaan
|
3
|
|
|
Jumlah Skor
|
5
|
|
- Ambil gelas plastik dan isi dengan air secukupnya. Amati bentuk air dalam gelas. Bentuk air ….
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor maksimum
|
Skor Perolehan Peserta Didik
|
1
|
Kerja sesuai petunjuk
|
2
|
|
2
|
Ketepatan menjawab pertanyaan
|
3
|
|
|
Jumlah Skor
|
5
|
|
NILAI AKHIR = Jumlah Skor Perolehan Peserta Didik x 100
Jumlah
Skor Maksimum
2.
TUGAS
TERSTRUKTUR
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS : 2 (DUA) SD/MI
STANDAR
KOMPETENSI
2. Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya
serta perubahan wujud yang dapat dialaminya
MATERI PEMBELAJARAN
-
Sifat benda cair
CONTOH PENILAIAN TUGAS TERSTRUKTUR
Ambil gelas plastik dan isi dengan air secukupnya. Amati bentuk air dalam
gelas. Bentuk air ….
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor Maksimum
|
Skor Perolehan peserta Didik
|
1
|
Kerja sesuai petunjuk
|
2
|
|
2
|
Kerapian kerja
|
2
|
|
3
|
Hasil kerja
|
3
|
|
4
|
Ketepatan menjawab pertanyaan
|
3
|
|
|
Jumlah Skor
|
10
|
|
NILAI AKHIR = Jumlah Skor Perolehan
Peserta Didik x 100
Jumlah
Skor Maksimum
3.
PENILAIAN
SIKAP
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS : 2 (DUA) SD/MI
STANDAR
KOMPETENSI
2. Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya
serta perubahan wujud yang dapat dialaminya
MATERI PEMBELAJARAN
-
Sifat benda cair
-
Sifat benda padat
-
Perubahan benda
-
Kegunaan benda
CONTOH PENILAIAN SIKAP
Penilaian
Perilaku Praktek IPA
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Perilaku
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
Ruri
|
Mampu Bekerja sama
|
|
|
|
Berinisiatif
|
|
||||
Penuh perhatian
|
|
||||
Bekerja sistematis
|
|
||||
2
|
|
|
|
|
|
Catatan:
a. Kolom Perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.
a. Kolom Perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.
1 = sangat
kurang
2 = kurang
3 = sedang
4 = baik
5 = amat baik
2 = kurang
3 = sedang
4 = baik
5 = amat baik
b. Nilai merupakan jumlah dari skor-skor tiap indikator perilaku
c. Keterangan diisi dengan kriteria berikut
1). Nilai 18-20
berarti amat baik
2). Nilai 14-17 berarti baik
3). Nilai 10-13 berarti sedang
4). Nilai 6-9 berarti kurang
5). Nilai 0-5 berarti sangat kurang
2). Nilai 14-17 berarti baik
3). Nilai 10-13 berarti sedang
4). Nilai 6-9 berarti kurang
5). Nilai 0-5 berarti sangat kurang
4. TUGAS MANDIRI
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS : 2 (DUA) SD/MI
STANDAR
KOMPETENSI
2. Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya
serta perubahan wujud yang dapat dialaminya
MATERI PEMBELAJARAN
-
Contoh benda padat
-
Contoh benda cair
CONTOH PENILAIAN TUGAS MANDIRI
Tugas: Membuat kliping di buku gambar tentang
pengelompokan benda yang tergolong benda padat dan benda cair
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai Maksimum
|
Skor Perolehan Peserta Didik
|
1.
|
|
Ketepatan mengelompokkan
|
4
|
|
Kerapian
|
2
|
|||
Jumlah benda (memenuhi minimal)
|
2
|
|||
Tepat waktu mengumpulkan
|
2
|
NILAI AKHIR = Jumlah Skor Perolehan
Peserta Didik x 100
Jumlah
Skor Maksimum
5. TES TULIS
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS : 2 (DUA) SD/MI
STANDAR
KOMPETENSI
2. Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya
serta perubahan wujud yang dapat dialaminya
MATERI PEMBELAJARAN
-
Sifat benda cair
-
Sifat benda padat
-
Perubahan benda
-
Kegunaan benda
CONTOH PENILAIAN TES TULIS
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Sebutkan 2 sifat-sifat benda
cair!
|
|
2
|
Sebutkan 2 sifat-sifat benda
padat!
|
|
3
|
Sebutkan 2 bentuk perubahan
benda!
|
|
4
|
Sebutkan 2 contoh kegunaan benda
padat!
|
|
5
|
Sebutkan 2 contoh kegunaan benda
cair!
|
|
Kriteria Penilaian
0 : apabila jawaban salah
1
: apabila jawaban mendekati benar dan tidak lengkap
2
: apabila jawaban benar, dan kurang lengkap
3
: apabila jawaban benar, lengkap tetapi penataan
kalimat kurang jelas.
4
: apabila jawaban benar, lengkap dan penataan kalimat
jelas
NILAI AKHIR = Jumlah Skor Perolehan
Peserta Didik x 100
Jumlah
Skor Maksimum
6. TES LISAN
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS : 2 (DUA) SD/MI
STANDAR
KOMPETENSI
2. Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya
serta perubahan wujud yang dapat dialaminya
MATERI PEMBELAJARAN
-
Sifat benda cair
-
Sifat benda padat
-
Perubahan benda
CONTOH PENILAIAN TES LISAN
Pertanyaan untuk
Tes Lisan
- Bentuknya tetap adalah sifat dari benda …
- Selalu mengalir merupakan sifat dari benda …
- Perubahan dari benda padat ke cair disebut …
- Perubahan benda dari cair ke padat disebut ….
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor Maksimal
|
1
|
Lafal
|
5
|
2
|
Keberanian
|
5
|
3
|
Pilihan kata
|
5
|
4
|
Kecepatan menjawab
|
5
|
|
TOTAL
|
20
|
NILAI AKHIR = Jumlah Skor Perolehan
Peserta Didik x 100
Jumlah
Skor Maksimum
7. PORTOFOLIO
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS : 2 (DUA) SD/MI
STANDAR
KOMPETENSI
2. Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya
serta perubahan wujud yang dapat dialaminya
MATERI PEMBELAJARAN
-
Perubahan benda
CONTOH PENILAIAN PORTOFOLIO
Tujuan : Mengamati Perubahan benda
Jenis : Portofolio Refleksi
Kelas : 2 (Dua) SD/MI
Nama Siswa : __________________
Isi Portofolio
- Tugas dan bukti yang harus dikumpulkan
TUGAS
|
BUKTI
|
- Memilih materi / jenis
Perubahan benda yang akan diamati
|
- Judul pengamatan perubahan
benda, tanggal mulai mengamati, dan komentar.
|
-
Mempraktekkan
|
- dokumentasi kerja atau catatan
setiap perubahan yang terjadi.
|
-
Membuat kesimpulan
|
- komentar atau tanggapan
tentang hasil pengamatan
|
- Rubrik Penilaian Kemampuan
No
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria Skor
|
||
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Persiapan
|
Jika memuat tujuan, topik,
alasan, tempat penelitian, responden, daftar pertanyaan dengan lengkap
|
Jika memuat tujuan, topik,
alasan, tempat penelitian, responden, daftar pertanyaan kurang lengkap
|
Jika memuat tujuan, topik,
alasan, tempat penelitian, responden, daftar pertanyaan tidak lengkap
|
No
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria Skor
|
||
3
|
2
|
1
|
||
2
|
Pengumpulan data
|
Jika daftar pertanyaan dapat
dilaksanakan semua dan data tercatat dengan rapi dan lengkap
|
Jika daftar pertanyaan dapat
dilaksanakan semua dan data tidak tercatat dengan rapi dan lengkap
|
Jika daftar pertanyaan tidak
dapat dilaksanakan semua dan data tidak tercatat dengan rapi dan lengkap
|
3
|
Pengolahan data
|
Jika pembahasan data sesuai
dengan tujuan penelitian
|
Jika pembahasan data kurang
menggambarkan tujuan penelitian
|
Jika sekedar melaporkan hasil
penelitian tanpa membahas data
|
4
|
Pelaporan Tertulis
|
Jika sistematika penulisan benar,
memuat saran, bahasa komunikatif
|
Jika sistematika penulisan benar,
memuat saran, bahasa kurang komunikatif
|
Jika penulisan kurang sistematika
kurang memuat saran, bahasa kurang komunikatif
|
8. PROYEK
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS : 2 (DUA) SD/MI
STANDAR
KOMPETENSI
2. Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya
serta perubahan wujud yang dapat dialaminya
MATERI PEMBELAJARAN
-
Perubahan benda
CONTOH PENILAIAN PROYEK
-) penelitian sederhana tentang Perubahan
benda;
Mata Pelajaran : IPA
Nama Proyek : Perubahan Benda
Alokasi Waktu : ______________________
Nama Siswa : ______________________
Mata Pelajaran : IPA
Nama Proyek : Perubahan Benda
Alokasi Waktu : ______________________
Nama Siswa : ______________________
Kelas : II (DUA)
No
|
Aspek yang dinilai *
|
Skor Maksimal
|
1
|
Perencanaan
|
|
|
a. Persiapan
|
5
|
|
b. Rumusan Judul
|
5
|
2
|
Pelaksanaan
|
|
|
a. Sistematika Penulisan
|
5
|
|
b. Keakuratan Sumber
data/informasi
|
5
|
|
c. Kuantitas sumber data
|
5
|
|
d. Analisis Data
|
5
|
|
e. Penarikan kesimpulan
|
5
|
3
|
Laporan Proyek
|
|
|
a. Performans
|
5
|
|
b.Presentasi/Penguasaan
|
10
|
|
TOTAL
|
50
|
* Aspek yang
dinilai disesuaikan dengan proyek dan kondisi siswa/sekolah
NILAI AKHIR = Jumlah Skor Perolehan
Peserta Didik x 100
Jumlah
Skor Maksimum
CONTOH TEKNIK PENILAIAN GURU
1.
UNJUK
KINERJA
MATA PELAJARAN : IPS
KELAS : 2 (DUA) SD/MI
STANDAR
KOMPETENSI
Memahami peristiwa
penting dalam keluarga secara kronologis
MATERI PEMBELAJARAN
-
Dokumen
pribadi dan keluarga
CONTOH PENILAIAN UNJUK KERJA
Siswa diminta membawa Foto keluarga yang di senangi atau yang paling
berkesan, kemudian menceritakan foto tersebut ke depan kelas.
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor Maksimal
|
1
|
Lafal
|
5
|
2
|
Keberanian
|
5
|
3
|
Pilihan kata
|
5
|
4
|
Kecepatan menjawab pertanyaan
dari audien
|
5
|
|
TOTAL
|
20
|
NILAI AKHIR = Jumlah Skor Perolehan Peserta Didik x 100
Jumlah
Skor Maksimum
2.
TUGAS
TERSTRUKTUR
MATA PELAJARAN : IPS
KELAS : 2 (DUA) SD/MI
STANDAR
KOMPETENSI
Memahami peristiwa
penting dalam keluarga secara kronologis
MATERI PEMBELAJARAN
-
Dokumen
pribadi dan keluarga
CONTOH PENILAIAN TUGAS TERSTRUKTUR
Tanyakan pada orang tuamu, Dokumen penting yang dimiliki keluargamu.
Kemudian tulis nama-nama dokumen yang ada dan jelaskan isi dokumen tersebut,
lalu presentasikan ke depan kelas.
No
|
Nama Dokumen
|
Keterangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor Maksimum
|
Skor Perolehan peserta Didik
|
1
|
Kerja sesuai petunjuk
|
2
|
|
2
|
Kerapian kerja
|
2
|
|
3
|
Hasil kerja
|
3
|
|
4
|
Ketepatan menjawab pertanyaan
|
3
|
|
|
Jumlah Skor
|
10
|
|
NILAI AKHIR = Jumlah Skor Perolehan Peserta Didik x 100
Jumlah
Skor Maksimum
3.
PENILAIAN
SIKAP
MATA PELAJARAN : IPS
KELAS : 2 (DUA) SD/MI
STANDAR
KOMPETENSI
Memahami peristiwa
penting dalam keluarga secara kronologis
MATERI PEMBELAJARAN
-
Dokumen
pribadi dan keluarga
CONTOH PENILAIAN SIKAP
Siswa membuat nama-nama dokumen penting keluarga pada kertas
buffalo/karton. Kemudian memasangkan nama-nama dokumen penting tersebut pada
pertanyaan di papan tulis yang sudah disediakan oleh guru.
Penilaian
Perilaku Praktek IPA
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Perilaku
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
|
Mampu Bekerja sama
|
|
|
|
Berinisiatif
|
|
||||
Penuh perhatian
|
|
||||
Bekerja sistematis
|
|
||||
2
|
|
|
|
|
|
Catatan:
a. Kolom Perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.
a. Kolom Perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.
1 = sangat
kurang
2 = kurang
3 = sedang
4 = baik
5 = amat baik
2 = kurang
3 = sedang
4 = baik
5 = amat baik
b. Nilai merupakan jumlah dari skor-skor tiap indikator perilaku
c. Keterangan diisi dengan kriteria berikut
1). Nilai 18-20
berarti amat baik
2). Nilai 14-17 berarti baik
3). Nilai 10-13 berarti sedang
4). Nilai 6-9 berarti kurang
5). Nilai 0-5 berarti sangat kurang
2). Nilai 14-17 berarti baik
3). Nilai 10-13 berarti sedang
4). Nilai 6-9 berarti kurang
5). Nilai 0-5 berarti sangat kurang
4. TUGAS MANDIRI
MATA PELAJARAN : IPS
KELAS : 2 (DUA) SD/MI
STANDAR
KOMPETENSI
Memahami peristiwa
penting dalam keluarga secara kronologis
MATERI PEMBELAJARAN
-
Dokumen
pribadi dan keluarga
CONTOH PENILAIAN TUGAS MANDIRI
Tugas: Membuat kliping di buku gambar tentang dokumen-dokumen
pribadi dan dokumen penting keluarga
No
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai Maksimum
|
Skor Perolehan Peserta Didik
|
1.
|
|
Ketepatan mengelompokkan
|
4
|
|
Kerapian
|
2
|
|||
Jumlah benda (memenuhi minimal)
|
2
|
|||
Tepat waktu mengumpulkan
|
2
|
NILAI AKHIR = Jumlah Skor Perolehan
Peserta Didik x 100
Jumlah
Skor Maksimum
5. TES TULIS
MATA PELAJARAN : IPS
KELAS : 2 (DUA) SD/MI
STANDAR
KOMPETENSI
Memahami peristiwa
penting dalam keluarga secara kronologis
MATERI PEMBELAJARAN
-
Dokumen
pribadi dan keluarga
CONTOH PENILAIAN TES TULIS
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Sebutkan dokumen berharga yang
kamu miliki!
|
|
2
|
Sebutkan benda-benda yang dapat
dijadikan koleksi keluarga!
|
|
3
|
Sebutkan data-data yang ada pada
akta kelahiran!
|
|
4
|
Sebutkan data-data yang ada pada
KTP!
|
|
5
|
Uraikan cara merawat album foto!
|
|
Kriteria Penilaian
0 : apabila jawaban salah
1 : apabila jawaban mendekati benar dan
tidak lengkap
2 : apabila jawaban benar, dan kurang lengkap
3 : apabila jawaban benar, lengkap tetapi
penataan kalimat kurang jelas.
4 : apabila jawaban benar, lengkap dan
penataan kalimat jelas
NILAI AKHIR = Jumlah Skor Perolehan
Peserta Didik x 100
Jumlah
Skor Maksimum
6. TES LISAN
MATA PELAJARAN : IPS
KELAS : 2 (DUA) SD/MI
STANDAR
KOMPETENSI
Memahami peristiwa
penting dalam keluarga secara kronologis
MATERI PEMBELAJARAN
-
Dokumen
pribadi dan keluarga
CONTOH PENILAIAN TES LISAN
Pertanyaan untuk
Tes Lisan
- Akta kelahiran dikeluarkan oleh ….
- Video pernikahan merupakan ….keluarga
- SIM digunakan oleh …
- Dokumen berharga sebaiknya disimpan di ….
- Pada saat lulus sekolah seorang siswa akan mendapatkan …
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor Maksimal
|
1
|
Lafal
|
5
|
2
|
Keberanian
|
5
|
3
|
Pilihan kata
|
5
|
4
|
Kecepatan menjawab
|
5
|
|
TOTAL
|
20
|
NILAI AKHIR = Jumlah Skor Perolehan
Peserta Didik x 100
Jumlah
Skor Maksimum
7. PORTOFOLIO
MATA PELAJARAN : IPS
KELAS : 2 (DUA) SD/MI
STANDAR
KOMPETENSI
Memahami peristiwa
penting dalam keluarga secara kronologis
MATERI PEMBELAJARAN
-
Dokumen
pribadi dan keluarga
CONTOH PENILAIAN PORTOFOLIO
Tugas: Membuat portofolio tentang peristiwa /
kejadian yang terjadi didalam keluarga atau didalam kelas, missal: urutan
peristiwa lulus sekolah kemudian masuk ke sekolah baru, mulai persiapan untuk
sekolah baru yang disertai dengan dokumen-dokumen penting yang menyertai
peristiwa tersebut beserta penjelasannya.
Tujuan : Merangkai peristiwa /
kejadian dari awal sampai akhir.
Jenis : Portofolio Refleksi
Kelas : 2 (Dua) SD/MI
Nama Siswa : __________________
Isi Portofolio
- Tugas dan bukti yang harus dikumpulkan
TUGAS
|
BUKTI
|
- Memilih materi / tema
peristiwa yang akan dijadikan topik
|
- Judul / tema
peristiwa/kejadian, tanggal mulai peristiwa terjadi.
|
- Mengurutkan peristiwa / kejadian dari awal
hingga akhir
|
- dokumentasi atau catatan
setiap peristiwa yang terjadi.
|
-
Membuat kesimpulan
|
- komentar atau tanggapan
tentang urutan peristiwa
|
- Rubrik Penilaian Kemampuan
No
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria Skor
|
||
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Persiapan
|
Jika memuat tujuan, topik,
alasan, tempat penelitian, responden, daftar pertanyaan dengan lengkap
|
Jika memuat tujuan, topik,
alasan, tempat penelitian, responden, daftar pertanyaan kurang lengkap
|
Jika memuat tujuan, topik,
alasan, tempat penelitian, responden, daftar pertanyaan tidak lengkap
|
2
|
Pengumpulan data
|
Jika daftar pertanyaan dapat
dilaksanakan semua dan data tercatat dengan rapi dan lengkap
|
Jika daftar pertanyaan dapat
dilaksanakan semua dan data tidak tercatat dengan rapi dan lengkap
|
Jika daftar pertanyaan tidak
dapat dilaksanakan semua dan data tidak tercatat dengan rapi dan lengkap
|
3
|
Pengolahan data
|
Jika pembahasan data sesuai
dengan tujuan penelitian
|
Jika pembahasan data kurang
menggambarkan tujuan penelitian
|
Jika sekedar melaporkan hasil
penelitian tanpa membahas data
|
4
|
Pelaporan Tertulis
|
Jika sistematika penulisan benar,
memuat saran, bahasa komunikatif
|
Jika sistematika penulisan benar,
memuat saran, bahasa kurang komunikatif
|
Jika penulisan kurang sistematika
kurang memuat saran, bahasa kurang komunikatif
|
8. PROYEK
MATA PELAJARAN : IPS
KELAS : 2 (DUA) SD/MI
STANDAR
KOMPETENSI
Memahami peristiwa
penting dalam keluarga secara kronologis
MATERI PEMBELAJARAN
-
Dokumen
pribadi dan keluarga
CONTOH PENILAIAN PROYEK
-) penelitian sederhana tentang Dokumen
pribadi dan keluarga;
Mata Pelajaran : IPS
Nama Proyek : Dokumen pribadi dan keluarga
Alokasi Waktu : ______________________
Nama Siswa : ______________________
Mata Pelajaran : IPS
Nama Proyek : Dokumen pribadi dan keluarga
Alokasi Waktu : ______________________
Nama Siswa : ______________________
Kelas : II (DUA)
No
|
Aspek yang dinilai *
|
Skor Maksimal
|
1
|
Perencanaan
|
|
|
a. Persiapan
|
5
|
|
b. Rumusan Judul
|
5
|
2
|
Pelaksanaan
|
|
|
a. Sistematika Penulisan
|
5
|
|
b. Keakuratan Sumber
data/informasi
|
5
|
|
c. Kuantitas sumber data
|
5
|
|
d. Analisis Data
|
5
|
|
e. Penarikan kesimpulan
|
5
|
3
|
Laporan Proyek
|
|
|
a. Performans
|
5
|
|
b.Presentasi/Penguasaan
|
10
|
|
TOTAL
|
50
|
* Aspek yang
dinilai disesuaikan dengan proyek dan kondisi siswa/sekolah
NILAI AKHIR = Jumlah Skor Perolehan
Peserta Didik x 100
Jumlah
Skor Maksimum
CONTOH TEKNIK PENILAIAN
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
( I P S )
KELAS 2 SD/MI
1. UNJUK KINERJA
2. TUGAS TERSTRUKTUR
3. PENILAIAN SIKAP
4. TUGAS MANDIRI
5. TES TULIS
6. TES LISAN
7. PORTOFOLIO
8. PROYEK
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI NUGROHO YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH BISA SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB AKI NUGROHO _0823=2222=6137_. atau klik DI SINI /// الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل///,,,,
BalasHapustrims .. 😊😊
BalasHapustrimaasih.. sangat membantu
BalasHapustrimaasih.. sangat membantu sekali. Tapi kalau boleh yang kurikulum 2013 lagi yang dibuat. Terimakasih.
BalasHapusMakasih .....sangat membantu dalam membuat tugas di sekolah
BalasHapusMakasih ini sangat bermanfaat, terutama bagi sekolah yang mau akreditasi. Kebetulan sekolah saya mau akreditasi.
BalasHapus